• gambar
  • outbound

Selamat Datang di Website SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SD Muhammadiyah 2 Pontianak

NPSN : 30105255

Jl. A. Yani Pontianak Kalimantan Barat


sdmuh2ponsel@yahoo.co.id

TLP : 0561733539


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 93793
Pengunjung : 34036
Hari ini : 33
Hits hari ini : 79
Member Online : 0
IP : 3.238.174.50
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Gapailah Ilmu dari Buaian Sampai Liang Lahat




Oleh : Octavia Shinta Aryani, M.Pd (Guru Kelas 6)

 

Bismillahirohmanirohiim

Assalamualaikum wr.wb.

 

Bagi orang yang berilmu Allah akan menaikkan derajatnya, Kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina, Gapailah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat. itulah peribahasa yang sering kita dengar. Betapa pentingnya ilmu bagi seseorang, betapa mulianya orang yang sedang berjihad untuk mecari ilmu, yang pasti adalah ilmu yang bermanfaat. Demikian juga dengan Almarhumah Ibunda saya yang telah meninggalkan dunia fana ini sebagai pesan yang selalu akan terus diingat, sewaktu hidupnya selalu berkata, bahwa beliau tidak dapat meninggalkan harta apapun juga di dunia ini, kecuali anak-anak nya yang terus bersemangat untuk menuntut ilmu. Menuntut ilmu itu wajib bagi seorang Muslim. Derajat seorang manusia beriman akan naik, jika diimbangi oleh ilmu pengetahuan.

 

Sebuah nasihat mengatakan:

مَنِ ازْداَدَ عِلْماً وَلَمْ يَزْدَدْ هُدىً، لَمْ يَزْدَدْ مِنَ اللهِ إِلاَّ بُعْداً

 

Artinya: “Barangsiapa bertambah ilmunya, tapi tidak bertambah petunjuknya, niscaya ia hanya semakin jauh dari Allah”.

Ilmu adalah kunci segala kebaikan. Ilmu merupakan sarana untuk melaksanakan apa yang Allah wajibkan kepada kita. Tak sempurna keimanan dan amal seseorang, jika ilmu tersebut tidak diamalkan. Dengan ilmu Allah disembah, denganya hak Allah ditunaikan, dan dengan ilmu pula agama Allah disebarkan.

 

Kebutuhan akan ilmu melebihi kebutuhan akan minum dan makanan, Mengapa ? Karena kelestarian urusan agama dan dunia tergantung pada ilmu, sedangkan kebutuhan makan dan minum manusia hanya membutuhkan dua atau tiga kali sehari, sedangkan ilmu diperlukan setiap waktu.

Maka dari itu dengan ilmu akan memiliki banyak keutamaan, antara lain :

  1. Ilmu adalah amalan yang tidak terputus pahalanya, sebagaimana dalam hadist (HR. Bukhori dan Muslim) : “ Jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholeh yang mendoakan kedua orang tua nya.” 
  1. Menjadi saksi terhadap kebenaran, sebagaimana firman Allah SWT (QS. Ali Imran ; 18) : Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Dia. Yang menegakkan keadilan, para malaikat orang yang berilmu. 
  1. Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk meminta ditambahkan ilmu sebagaimana dalam firman Allah (QS. Thahaa ; 14) : ... dan katakanlah Ya Rabb ku, tambahkanlah ilmu kepadaku. 
  1. Allah mengangkat derajat orang yang berilmu. Sebagaimana firman Allah SWT ( QS. Mujadilah;11) : Allah mengangkat orang beriman dan memiliki ilmu diantara kalian beberapa derajat dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
  1. Orang yang berilmu adalah orang yang takut Allah SWT, sebagaimana dalam firman Allah SWT (QS. Fathir;25) : ... sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hambanya hanyalah orang-orang yang berilmu. 
  1. Ilmu adalah anugerah Allah yang sangat besar, sebagaimana firman Allah SWT (QS. Al Baqarah ; 269) : Allah menganugerahkan al –hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al-Quran dan As-Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barang siapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran. 
  1. Ilmu merupakan tanda kebaikan Allah kepada seseorang. Dalam (HR. Bukhori dan Muslim) : “ Barang siapa yang Allah menghendaki kebaikan padanya, maka Allah akan membuat dia paham dalam agama.”
  1. Diperbolehkan “iri/hasad” kepada ahli ilmu, Dalam (HR. Bukhori) : “ Tidaklah hasad kecuali dalam dua hal, yaitu terhadap orang yang Allah beri harta dan ia menggunakannnya dalam kebenaran dan orang yang Allah beri hikmah lalu ia mengamalkannya dan mengerjakannya.”

Menuntut ilmu merupakan jalan menuju surga. Dalam (HR. Bukhori) : “ Barang siapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalam menuju surga.

Demikianlah keutamaan sebuah ilmu. Lantas bagaimana dengan  24 jam yang kita lalui setiap hari selama sepekan, sebulan, dan sepanjang tahun ditengah kenikmatan yang Allah berikan. Di saat ini begitu udah dalam menuntut ilmu, adakah kerinduan dan keridhoan kita serta kepedulian kita ?

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas